Yuhuuu akhirnya bermedium ria, udah lama banget tidak menjamah medium untuk berbagi ilmu, cerita dan lain lain hehehe.

Selama pandemi saya melakukan aktifitas yang sudah biasa saya lakukan di rumah, karna saya emang anaknya ga suka kemana mana jadi kalau ga nonton youtube dan film mungkin ya belajar hal baru. Salah satunya adalah ilmu UX sebenarnya ilmu ini saya sudah pelajari pada tahun 2018 lalu, tapi saya mantabkan lagi (Asiquee bund 😆). Setelah saya melewati proses skripsi ya kalau bisa dikatakan skripsi saya juga mengambil topik UX dengan masalah Go-food pada tahun (2019) lalu. Jurnal saya bisa di lihat pada laman s.id/brilyand.

Image for post
Image for post
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash
Image for post
Image for post

Loncat pada bulan april lalu saya dan teman saya mencoba membuat website untuk sharing ilmu yang kami punya seperti dasar pemrograman, dasar desain hingga bagaimana atur privasi di dunia digital. namun nahas websitenya lagi bad mood alias bad gateway.Namun dari situ saya tidak putus urat semangat bund, saya tetap mencari ilmu dan berbagi untuk melatih pemahaman UX.

2 bulan berikutnya saya diberi kesempatan untuk membantu teman sekolah saya membuat sebuah produk dan merintis usaha bersama. Kami membangun sebuah software house kecil kecilan yang bertujuan membantu UMKM menengah, disini saya juga belajar membangun produk dan mengerjakan project yang ada. Oh iya nama software house kami adalah colabs indonesia. Kesibukan saat ini kami sedang mengerjakan sebuah produk dan mengerjakan beberapa project yang ada.

Image for post
Image for post
Logo Colabs Indonesia

Mungkin saya akan bercerita singkat tentang colabs indonesia ini, nama tersebut usulan saya dan teman saya, colabs sendiri adalah akronim dari creative,option,labs. Maksud dari akronim tersebut adalah kami akan memberikan solusi terbaik dari hasil kreativitas kami dan bisa menjadi opsi jasa atau produk yang kita kembangkan saat ini. sedangkan labs sendiri adalah basecamp kami dimana kami melakukan percobaan bersama. Meski saat ini kita remote hehehe. Portofolio kami bisa cek pada laman www.colabs.id barang kali ada yang minta kolaborasi dengan kami. Disini role saya sebagai UI/UX Designer.

Image for post
Image for post

Selama pandemi selain saya ikut teman saya merintis usaha saya juga improve UI design saya untuk hasilnya bisa dilihat disini atau di dribbble.com/brilyand. Itu adalah salah satu usaha saya untuk dapat belajar lagi ilmu yang telah saya dapat.Selain itu saya juga belajar online dan mengikuti webinar yang ada.

Image for post
Image for post

Dari hasil belajar saya, saya ingin berbagi dan melatih pemahaman saya dengan cara mengajar online di komunitas kampus saya. Yaitu Workshop Riset Informatika. Dimana sebelumnya saya menjabat sebagai Humas external dan membantu teman teman saya dikomunitas untuk belajar bersama para startup dan komunitas lain di kota malang hingga membuat event event kolaborasi. Alhamdulillah kesampaian, kini saya membantu menjadi mentor UX dikampus saya selain mengajar adik adik saya membantu adik adik yang skripsi melalui google classroom bersama teman teman saya yang mengakat topik UX dikampus karna waktu dulu kita juga saling cover terlepas dari masalah atau metode yang diangkat.

Image for post
Image for post
Image for post
Image for post

Saya setiap kamis malam mengisi kelas dan saya disitu belajar banyak hal belajar bersama adik adik dan alhamdulillah adik adik saya sekarang diterima beberapa startup besar baik magang ataupun kerja. Namun disini saya tetap harus belajar karena ilmu saya masih kurang saya akui itu.

Image for post
Image for post
Tanya tanya seputar skripsi

Selain kegiatan diatas saya juga melakukan sharing bersama teman teman seputar UX melalui zoom tidak seperti dulu hehehe.

Image for post
Image for post
Image for post
Image for post
Lomba UX

Kemudian kesibukkan terakhir yaitu tetap riset untuk membangun portofolio dan ikut lomba bersama teman teman seperjuangan saya. Tujuan saya tidak lebih ya ingin belajar. Oke mungkin seperti itu pengalaman saya saat pandemi kali ini semoga cerita ini membawa vibes positif bagi temen temen yang baca. semoga bermanfaat!

Written by

Manusia bukan supermen

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store