Kenalan Yuk Dengan React Native!

Halo Guys!,Kali ini saya akan share nih tentang React Native di artikel pertama saya ini.Ada yang sudah tahu sebelumnya tentang React Native? yang belum tahu yuk kenalan!.

Image for post
Image for post
React Native

Apa Itu React Native?

React Native, merupakan framework open source besutan dari facebook yang digunakan untuk membuat sebuah multi platform apps development (android, ios dan windows platform) dengan bahasa javascript.

Kelebihan

Kelebihan React Native dibanding framework Hybrid yang lain adalah pengalaman penggunaaan aplikasi yang sangat mendekati dengan Native Apps. Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk mempelajari Framework ini.Ya sesuai dengan tagline di situs resminya“Learn once, write anywhere”.Karna React Native faham jika setiap sistem operasi memiliki perbedaan UI dan UX, untuk itu mereka membedakan komponen-komponen untuk iOS dan Android.Dan React Native sendiri menawarkan beberapa akses ke API dari native OS, seperti kamera, vibration, touches, dan beberapa akses API yang lain.

Amunisi Penginstalan

Dalam akan mendevelop React Native yang dibutuhkan adalah:

npm install npm@latest -g

  • Install react native command line

npm install –g react–native–cli

Jika ingin tahu apakah sudah terinstal npm node.js nya bisa dengan perintah berikut:

npm -v

Cek ADB

Sebelum membuat new project cek apakah udah terhubung dengan ADB dari android SDK ,Buka device yang kamu gunakan masuk ke setting → developer options → enable “usb debugging”.Kemudian sambungkan kabel usb ke device dan laptop/komputer kamu.Jika sudah cek buka dengan command line/Command prompt terus masuk ke folder/direktori :

“cd C:\Users\namauserkamu\AppData\Local\Android\sdk\platform-tools”

Setelah itu jalankan perintah “adb devices” nanti akan muncul list devices yang sudah terhubung.

Test React Native!

Setelah sudah di cek ADB “terhubung” lanjut ke pembuatan new project. saya akan buat projek dengan nama “testreact”. Buka command line/command prompt dan jalankan perintah berikut:

react-native init testreact

cd testreact

react-native start

Untuk mengetest buka command line baru dan jalankan perintah berikut:

react–native run–android

#FYI

init testreact untuk nama proyek kamu bisa diganti dengan yang lain misal belajarreact.Sedangkan cd testreact adalah nama folder proyek kamu.Untuk emulator android kamu dapat menggunakan Emulator Genymotion atau yang lain dan masih banyak lagi.Emulator adalah sebuah aplikasi virtual untuk menjalankan aplikasi android.

Bagaimana sudah berkenalan dengan React Native?,Mbois kan?,Bila ada yang belum jelas bisa ditanyakan di komunitas Facebook Developer Circle Malang,disana kalian bisa collab,belajar,bertemu orang expert bahkan orang facebooknya langsung loh! dan masih banyak lagi.Oke cukup sekian mohon maaf bila ada kekurangan dan see you next article!

Refrensi: https://facebook.github.io/react-native/docs/getting-started.html

Written by

Manusia bukan supermen

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store