Buat browsermu mengikuti ritme produktifmu!

Image for post
Image for post
Photo by Sigmund on Unsplash

Halo lama tak jumpa sok asik ceritanya hahaha, pada kesempatan kali ini hamba mau beri tips ke kalian, rekomendasi beberapa tips dan extension serta tools agar bantu kamu lebih mudah untuk action!.

Disclaimer dulu: Browser yang digunakan adalah edge karena rata rata pengguna PC atau laptop di dunia masih banyak yang menggunakan windows. Kemudian engine yang digunakan edge sendiri open source dari chrome. Jelas extension yang akan digunakan bisa ambil dari chrome dan saya pilih edge bukan langsung chrome karena dari beberapa case untuk ram dan lain lain lebih ringan edge itu cukup sebagai reason asiquee. Belum punya? silahkan unduh disini

Sebelum melihat fungsi dari beberapa extension versi hamba mungkin point pertama dan kedua bisa di intip dulu.

1.Ubah DNS kamu, biar lebih enjooy pas surf

Image for post
Image for post

Tak bisa dipungkiri lagi banyak user mengalami keresahan saat ingin berselancar di dumayy salah satunya adalah web yang terblokir, Untuk itu hamba beri solusi mudah bagi para kaum jagad maya yaitu mengganti DNS dengan cara ke pengaturan kemudian cari DNS.

2.Sync emailmu

Kemudian langkah kedua sync email kalian, karena email tersebut berfungsi memudahkan ketika pergantian device. Extension,history,bookmark dan laen laen jadi satu paket seperti tas dora nantinya. Jadi ga perlu risau ketika nanti laptop/pc sedang masalah tugas tugas kalian kerjaan dan lain lain bisa cek kembali saat melakukan sync.

Baik kita lanjut point tiga sampe akhir, untuk mengetahui fungsi extension-extension yang akan digunakan.Oke langsung aja berikut adalah list rekomendasi extension dari hamba

3.Chrome remote desktop

Chrome Remote Desktop — Chrome Webstore (google.com)

Image for post
Image for post

Masa pandemi masih merayap meski samar samar seperti dementor, yang selalu menghantui bulu roma. Aktivitas jadi terhambat apalagi pening kepala saat banyak yang harus diinstal untuk ini itu salah satunya remote desktop seperti team viewer. Namun untuk kali ini saya memberikan rekomendasi remote desktop by google untuk engine chrome (bisa di edge dong). kenapa saya merekomendasi ini yang pertama adalah rata rata kegiatan sering dilakukan di browser kita salah satunya melakukan vidcall menggunakan google meet yang bisa dikatakan ringkes cukup login email buka google meet wus wus dah.Nah remote desktop versi google ini sama seperti tools lain yang diberi google memberikan kemudahan kita dalam mengaksesnya. cara kerjanya sama dengan team viewer menggunakan kode dan bisa remote full desktop.

4.Tabbs

Image for post
Image for post

Sering terjebak tabs yang begitu banyak bingung kadang hingga salah ngeclose tab (pengalaman hamba), dari masalah tersebut hamba bertamasya ke producthunt nemu tools ini yap fungsi extension ini untuk memudahkan kita manage tab yang ada di browser dan dengan mudah berpindah pindah dari satu tab ke tab lainnya dengan shortcut keyboard Alt+K (jangan dicoba sebelum di install ke browser ayah bunda)

5. Bubbles, bagi screenshot video jadi mudah

Image for post
Image for post

Bubbles: Video and Screenshot Collaboration, salah satu extension yang saya suka. Hampir mirip seperti loom, namun yang saya suka disini fitur komentar dan screenshot full page kebawah. Terkadang kita susah untuk menjelaskan progress yang telah kita kerjakan kepada klien entah jaringannya berubah iblis atau faktor lain. Dengan adanya bubbles ini semakin mudah screenshot. Bagi video dengan link ga perlu lagi upload youtube,drive atau yang lain.

6. Krisp,bukan jenis kripik

Image for post
Image for post

Saat vidcall sering mengalami noise dari sekitarmu, seperti tetangga ghibah, tahu bulat lewat, tukang di rumah, motor mberr lewat tanpa punten, atta lewat maksudnya gluduk xixixi. ya macam macam noise seperti itu, bukan suara makhluk yang lain ya haha. Dari masalah tersebut hamba rekomendasi tools (bisa dikatakan) bukan extension dari engine chrome sih ini, namanya Krisp fungsinya untuk menghilangkan noise di sekitarmu, penasaran download dan install deh, dijamin ga shy shy cat lagi.Kalian bisa mengunduh aplikasi tersebut disini

Bonus untuk mempermudah kerjamu atur shortcut sesuai keinginanmu dengan cara pergi ke pengaturan kemudian cari keyboard nah nanti ada pengaturannya seperti gambar dibawah ini

Image for post
Image for post

Beberapa tips, extension atau tools diatas hanya bisa bantu sekelumit dari keresahan karena pada hakikatnya otakmu yang harus bekerja!, semangat boss. semoga bermanfaat!

Written by

Manusia bukan supermen

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store